Tuesday, September 16, 2014

Wonderful Indonesia: Alasan Tepat Bepergian ke Raja Ampat

Story by. Ahmad Yani Hasti

Begitu banyak pertimbangan mengapa Raja Ampat pantas mengisi daftar perjalanan anda. Dimana para pelancong dari berbagai belahan dunia berdatangan. Alasan yang sama mengapa saya ingin menjadi bagian perjalanan menjelajahi keindahan tersembunyi di Timur Indonesia tersebut.


Source: remotelands.com
Raja Ampat memiliki kesenangan yang disebut keindahan alam. Pemandangan yang terlihat dari dataran tinggi di kawasan Raja Ampat benar-benar menawan mata. Pandangan para turis akan tertawan dengan keindahan alam yang dihadirkan di sana, khususnya keindahan pemandangan bawah lautnya.

Raja Ampat menjadi kabupaten di Papua Barat yang mampu bersaing dalam kancah pariwisata internasional. Terdiri atas gugusan-gugusan pulau besar dan kecil yang jumlahnya melebihi 600 pulau. Sebanyak 35 pulau yang telah berpenghuni, sementara sebagian besar belum dieksplorasi dan masih perawan. Ada empat pulau besar yang namanya dikaitkan dengan mitos warga setempat dan menjadi cikal-bakal penamaan Raja Ampat. Diantaranya Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo.

Pulau-pulau di kawasan Raja Ampat ini jadi tempat beraneka ragam spesies hewan berkembang biak dan berbagai jenis tanaman bertumbuh. Sementara itu, wilayah laut Raja Ampat yang luasnya lebih kurang 80 persen juga menjadi surga bagi banyak biota laut. Keragaman merupakan kunci bagaimana membuka pintu kesenangan bagi perjalanan anda selama di Raja Ampat.

Para ahli yang datang dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional pernah melakukan riset pada 2001 dan 2002 di sana. Mereka mencatat lebih 540 jenis karang, 1.000 lebih spesies ikan, dan 700 jenis moluska yang hidup di Raja Ampat. Daftar biota laut tersebut mengukuhkan kabupaten Raja Ampat sebagai situs penyelaman bertaraf internasional. Diklaim memiliki 75 persen spesies karang yang ada di dunia. Dan tak satupun kawasan dengan luas area yang sama memiliki spesies karang sebanyak itu.

Usaha konservasi terus digiatkan guna melestarikan biota laut di sana. Bahkan sampai saat ini, rute transportasi laut yang melintasi Raja Ampat dibatasi demi mendukung usaha itu. Hal seperti ini tentu membuat anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mengakses tempat tersebut. Namun sisi terbaiknya, cara demikian dilakukan justru untuk menjaring pengunjung yang berdatangan. Biaya besar yang harus dikeluarkan mendorong calon pengunjung agar mampu mengakses informasi yang tepat mengenai tempat tersebut. Sehingga hanya pengunjung yang berkualitaslah yang mungkin datang ke Raja Ampat. Cara itu dipandang bisa membantu untuk menjaga kelestarian biota laut di sana.

Source: remotelands.com
Sejumlah penyelam mancanegara yang berhasil ke sana pun memberikan pengakuan positif terhadap Raja Ampat. Dianggap salah satu situs penyelaman terbaik yang ada di dunia dan mengapresiasinya sebagai situs terkaya akan biota lautnya.

Bagi mereka yang tak pandai menyelam ataupun berenang seperti saya. Tak perlu bimbang! Tempat ini menjamin kesenangan bagi wisatawan dengan pilihan perjalanan menarik lainnya. Misalnya melintasi pulau dengan perahu sambil melihat-lihat pemandangan. Atau anda ingin menjelajahi langsung pulau-pulau tersebut dan berada di ketinggian. Pemandangan tempat ini begitu asri dan indah untuk dinikmati wisatawan pecinta alam dan penggila fotografi.

Coba buktikan dengan mengakses nama Raja Ampat di internet. Seketika gambar-gambar hasil jepretan sejumlah fotografer dunia bermunculan dan bisa memesona anda seperti saya. Mulai dari fotografer amatir hingga profesional, jepretannya mampu menunjukkan keindahan Raja Ampat dengan baik. Entah yang nampak di bawah laut ataupun daratannya, keindahan itu mampu membius dan menggoda orang-orang datang ke sana. Minimal begitu yang kurasakan. Dan saya pribadi berharap memiliki kesempatan, setidaknya sekali dalam hidupku bisa bertandang ke sana.

By. Adam Plezer/ Source: vimeo.com
Adanya kehidupan alam liar dengan beragam spesies langka dan endemik di sana juga menambah daftar rangkaian perjalanan anda. Akan ada berbagai jenis burung dan mamalia yang mungkin baru pertama kali anda temui. Anda pun dapat mengunjungi gua kelelawar atau ikut serta memberi makan kuskus.

Tak berhenti sampai di situ, Raja Ampat juga menjanjikan pengalaman baru dengan perjalanan budaya yang sulit untuk dilupakan. Dengan tur perjalanan tertentu, anda akan diajak memancing. Yang istimewa karena kita akan menggunakan tehnik tradisional ala Papua dan dibantu oleh penduduk aslinya. Selain itu, anda juga akan membuat patung kayu sendiri dibimbing seniman suku asmat yang menetap di sana.

Mangarungi pulau-pulau dengan berperahu, menyelam, berenang, snorkeling, memotret pemandangan alam, melihat-lihat cendrawasih, mengunjungi gua kelelawar, memberi makan kuskus, perjalanan budaya. Semua rangkaian perjalanan itu, bukankah membuat anda merasa benar-benar jauh dan terlepas dari segala hiruk-pikuk dunia. Jika anda menginginkan itu, Raja Ampat layak mendapat tempat dalam agenda perjalanan anda. Bukan begitu?

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Raja_Ampat
http://indonesia.travel/id/destination/248/raja-ampat

Ewako Visitors

Free counters!

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys